Tips-tips Saat Mencoba Sepatu

Tips-Tips Saat Mencoba Sepatu :

1. Jika tersedia, ukurlah kedua kaki dengan menggunakan Brannock (alat pengukur panjang kaki). Gunakan ukuran yang di dapat sebagai patokan saat akan mencoba sepatu. Jika salah satu kaki lebih besar (pada kebayakan kasus / umumnya), maka pertama kali cocokkanlah kaki yang paling besar dahulu.

2. Saat mencoba sepatu, pakailah kaus kaki yang baik dan mewakili kaus kaki yang akan kita pakai nanti di lapangan.

3. Ikatlah sepatu dan berdirilah. Sepatu sebaiknya terasa nyaman di bagian tumit dan bagian dalamnya, tapi cukup longgar agar bisa melenturkan otot kaki bagian depan. Tumit kita seharusnya diam ditempat dan tidak bergeser. Jika bagian dalam sepatu terasa seperti "mengambang" cobalah ukuran setengah dibawahnya dan jika sepatu terasa sempit atau jari kaki menyentuh bagian depan sepatu, cobalah ukuran yang lebih besar.

4. Berjalanlah dan rasakan seberapa nyaman sepatu kita. Periksalah kelonggaran, pergerakan kaki dan atau pergerakan tumit. Sepatu yang pas akan menahan kaki pada tempatnya tanpa mengikat atau menjepitnya. Tetapi ingat juga bahwa sepatu baru awalnya akan terasa sedikit kaku tapi lama kelamaan akan terasa nyaman.

5. Setelah mencoba berjalan dipermukaan datar, cobalah berjalan pada medan menurun (jika tersedia), ini berfungsi untuk melihat kelicinan kaki. Kaki kita sebaiknya tidak bergeser ke depan atau ke samping. Jika salah satu bagian terasa bergeser, cobalah sepatu yang lebih kecil. Jika jari kita menyentuh bagian depan sepatu tanpa banyak bergerak maju, cobalah ukuran lebih besar atau sepatu boot yang lain / berbeda.

6. Cobalah periksa kembali dengan seksama nomor sepatu pilihan kita sebelum memutuskan salah satunya, meskipun pasangan pertama tersebut sudah terasa nyaman.

No comments: