Indoleaks Wikileaks-nya Indonesia

Tidak tanggung-tanggung, Wikileaks-nya Indonesia http://www.indoleaks.org/ menulis dalam situsnya bahwa mereka bersedia menjadi penyedia informasi yang jujur bagi public “Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia. Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi. Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri. Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi. Semua dokumen di Indoleaks, kami sajikan secara verbatim. Apa adanya. Dan, tentu saja, masih orisinil dari tangan pertama”
Sampai tulisan ini dibuat, Indoleaks sudah mengoleksi lima dokumen yang katanya rahasia, di antaranya adalah Transkrip Diskusi Soeharto - Richard Nixon dan Henry Kissinger dan MoU Rahasia Pemerintah RI – Microsoft. Menarik untuk dicermati perkembangan situs ini, lantaran dua hal. Pertama, ada kesan ikut-ikutan. Ketika sebuah atau sesuatu sudah sedang menjadi topik diskusi yang hangat sesuatu yang lain
yang baru pun bermunculan. Sementara Wikileaks sudah sedang menjadi perbincangan public dunia, Indoleaks pun muncul. Sekalipun disebutkan bahwa dia muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi, sebenarnya publik tanah air tahu jika kemunculannya adalah merupakan reaksi atas hebohnya Wikileaks.
Kedua, terlepas dari sekedar ikut-ikutan atau tidak, munculnya Indoleaks adalah sesuatu yang patut untuk diapresiasi. Berangkat dari visinya untuk memerangi kejahatan dan kaum jahat, seperti yang ditulisnya “terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia” kita hendaknya berpihak dan mengacungi jempol.
Kebenaran dan kejujuran memang harus disingkapkan ke hadapan publik tanpa takut. Kebebasan Informasi harus dijunjung tinggi, kendatipun tidak harus kebabablasan, sebagai missal dengan ‘mumpung ada momen’ dan atau ‘menyebarkan informasi bohong’.
wikimu.com

No comments: