Jumo, Jejaring Sosial Para Aktivis

Jumo, situs jejaring sosial yang disebut-sebut untuk para aktivis, diluncurkan dalam versi beta pada hari Selasa.

Jejaring sosial tu dibentuk oleh Chris Hughes, salah seorang pendiri Facebook dan ahli media sosial yang berperan pada kampanye kepresidenan Barack Obama tahun 2008.

Layanan tersebut bertujuan untuk membantu orang yang mencari isu-isu tertentu bersama teman-teman mereka. Jumo memberi mereka berita dan updates serta nantinya membantu kerja para anggotanya.

Jumo, lembaga non-profit, adalah contoh terbaru usaha di industri internet yang ingin  menghadirkan energi  dan inovasi dengan tujuan filantropi.

Untuk bergabung dengan Jumo kita harus terhubung dengan akun Facebook dan kita akan ditanya untuk memberi pilihan pada berbagai isu, mulai dari seni dan budaya hingga pendidikan, kesehatan, hingga hak azasi manusia. Selanjutnya Jumo memeringkat mereka sesuai tingkat minat kita.


Setelah set up selesai, inti dari layanan adalah "Top News" seperti Facebook yang berisi kegiatan terbaru dari isu dan amal  yang anda ikuti.

Berbagai item di aliran berita akan relevan dengan minat Anda dan membantu Anda tetap update lewat isu-isu, amal-amal, dan orang-orang dekat anda.

Jumo memiliki antarmuka, tapi Sid Yadav dari VentureBeat menemukan hal yang aneh tentang jaringan sosial tersebut. Dia menilai Jumo ironis karena tak banyak punya fitur sosial.

Sebagai contoh, meskipun akun terhubung ke Facebook, kita tidak tahu teman yang bisa dijumpai di Jumo, tidak tahu orang lain yang pantas diikuti, atau untuk mengundang orang lain. Kita terpaksa mencari teman dari daftar  di Facebook dulu jika ingin mengikuti profil mereka.

"Kami bukan mencoba membangun platform sumbangan. Kami benar-benar berfokus membangun jaringan sosial, tempat  Anda dapat menemukan berbagai proyek menarik dan isu-isu serta terhubung secara langgeng, "kata Hughes.

Jumo berbeda dengan Causes, aplikasi sejenis yang dimulai oleh Sean Parker dan Joe Green, dua pengusaha yang juga  lingkaran pendiri Facebook. Causes telah mencapai 119 juta pengguna selama empat tahun keberadaannya. Causes memiliki fokus pada penggalangan dana, dengan feature terkenalnya yaitu tombol "Donate Now" .

Jumo berbasis di New York dan telah mengumpulkan 3,5 juta dolar Amerika dari pendiri eBay Pierre Omidyar, Yayasan Knight, dan individu.

antaranews.com

No comments: