Santet jaran goyang, aktualisasi dendam masyarakat using

Apa yang anda pikirkan jika saya katakan “santet” di depan anda?. Saya yakin jawabanya adalah Banyuwangi, Jaran Goyang, balas dendam, atau bahkan pembunuhan. Ya…santet tidak lepas dari Banyuwangi, bahkan mungkin bisa di katakan identik dengan Kabupaten yang terletak di ujung paling timur pulau jawa ini. Dan umumnya, santet mempunyai streotipe yang buruk di kalangan luar masyarakat Banyuwangi (atau bahkan mungkin sebagian besar masyarakat Banyuwnagi juga berpikir sama), dan di anggap sebagai “alat pembunuh” yang aman karena tidak meninggalkan jejak.


Catatan kecil ini bukan pembelaan atas keberadaan santet di Banyuwangi, tapi merupakan sebuah pembenaran pelurusan makna yang selama ini mempunyai streotipe buruk di kalangan masyarakat umum. Umumnya, masyarakat Jawa membagi ilmu kanuragan menjadi dua bagian yaitu ilmu hitam dan ilmu putih. Ilmu hitam tentu saja ilmu yang mencelakakan manusia, dan sebagai penyeimbangnya tentu saja ilmu putih yang menetralisir keberadaan ilmu hitam. Hal ini berbeda dengan Suku Using Banyuwangi, Mereka tidak hanya mengenal 2 tapi ada 4 ilmu kebatinan yaitu (1) Ilmu hitam : ilmu yang berefek negative ,mencelakakan orang dan membunuh orang (2) Ilmu merah : ilmu yang dimanfaatkan menarik lawan jenis , dan lebih berkompeten pada seksual. (3) Ilmu kuning : ilmu untuk kewibawaan menghadapi bawahan atau masyarakat umum.(4) Ilmu Putih: Ilmu yang menangkal ketiga ilmu tersebut. Nah……santet, khususnya Jaran Goyang masuk kedalam ilmu yang ke tiga yaitu ilmu yang lebih menjurus ke arah seksual, ilmu pengasihan atau dalam ajaran Islam dikenal dengan ajaran Mahabbah.

Intinya, santet bukanlah ilmu hitam atau ilmu tenung yang digunakan untuk membunuh orang.
Santet merupakan salah satu “ jalan keluar ‘ untuk menyelesaikan masalah , saat penyelesaian secara formal tidak bisa dilakukan. Santet merupakan salah satu bagian ilmu kebatinan yang dipercaya masyarakat Using. Stigma masyarakat pasti memasukkan santet pada ilmu hitam. Padahal santet merupakan bagian dari ilmu merah , yang lebih mengacu pada pemanfaatan untuk menarik lawan jenis. Tapi streotipe santet sudah terlanjur buruk dalam paradigma masyarakat. Apalagi diperkuat dengan isu inja dan santet yang terjadi di wilayah basis NU Jawa Timur terutama di Banyuwangi tahun 1996.
Santet merupakan akronim dari mesisan banthet (sekalian rusak) dan mesisan ganthet (sekalian bergabung). Santet dalam perspektif “sekalian rusak” , saat memisahkan dua pasangan yang saling mencintai. Sedangkan santet dalam perspektif “sekalian bergabung “, saat menyatukan dua orang yang tidak saling mencintai. Seperti masyarakat jawa pada umumnya, dalam hal perjodohan masyarakat Using lebih baik mendapatkan jodoh yang masih berkerabat. Masing-masing anak akan dijodohkan. Santet prespketif “sekalian rusk” akan dilakukan jika salah satu anak telah mempunyai kekeasih, dan perspektif “sekalian bergabung” adalah untuk menyatukan kedua anak yang telah dijodohkan. Dari sebuah tradisi keluarga inilah kemudian, budaya santet berkembang di lingkungan masyarakat umum.

Terkait dengan nama Jaran Goyang yang dikenal sebagi salah satu nama ilmu santet tidak ada keterangan resmi. Namun ada dua alasan mengapa dinamakan Jaran Goyang. (1) Jaran Goyang adalah salah satu nama pasukan perempuan yang dipimpin oleh Sayu Wiwit dalam peperangan Puputan Bayu pada ahun 1771. Dan nama Jaran goyang diambil, karena kebanyakan “korban” santet Jaran goyang adalah perempuan. Walaupun tidak menutup kemungkinan, laki-laki juga bisa menjadi “korban”-nya. (2) Nama Jaran Goyang diambil, karena “korban” Santet Jaran goyang biasanya berperilakuan seperti kuda dalam masa birahi. Melakukan hal yang terkadang tidak masuk akal dan cenderung “berani” terutama menghadapi lawan jenisnya. Bahkan, tak jarang sang “korban” mendatangi “pelaku” untuk menyatakan cintanya.
Penerapan santet Jaran Goyang, biasanya mengggunakan media seperti photo, rambut, tanggal lahir, ataupun potongan kuku dan biasanya dilakukan oleh pihak ketiga. Padahal, santet Jaran Goyang akan lebih kuat jika di lakoni sendiri. Tapi perubahan jaman, seperti tidak sabarnya pelaku untuk melakukan beberapa ritual, maka menyerahkan semuanya pada pihak ketiga, yaitu dikenal dengan dukun santet. Menurut salah satu dukun santet (yang pernah ditemui penulis), media-media yang ada sebenarnya hanya digunakan sebagai sugesti agar ilmu pengasihan jatuh pada orang yang tepat. Namun ada beberapa waktu yang tepat untuk merapalkan mantra, seperti diatas jam 12 malam. Karena pada saat itu , tubuh manusia dalam keadaan “kosong”. Sehingga mudah di “masuki:

Beberapa mantra yang mengatasnamakan “santet jaran goyang” di masyarakat Using cukup banyak. Hal ini sesuai dengankepercayaan masyarakat pada teks mantra santet jaran goyang yang berbeda-beda. Sugestilah yang memperkuat efek santet Jaran Goyang. Salah satu mantra yang didapatkan oleh penulis adalah
Sun matek aji-ajiku si jaran goyang
Tak goyang ring tengahe latar
Pet sabetake lemah bongkah
Pet sabetake segoro asat
Pet sabetake gunung gugur
Pet sabetake si jabang bayine………………(sebut nama)
Cep sido cep Sido edan
Yen dudu aku sing nambani
Kersaning allah ta’ala
Lailahaillah……
(ada satu baris yang sengaja tidak ditulis)
Mantra di atas, di dapatkan penulis di wilayah desa Kemiren. Saat memberitahukannya, sang dukun melarang untuk direkam atau ditulis. Alasannya jika Dukun tersebut membacakannya selama 3 kali, dan penulis langsung hapal, maka mantra tersebut “cocok” dengan penulis. (alasan yang sebenarnya tidak masuk secara logika, tapi kenyataannya pada bacaan ke dua penulis sudah hapal di luar kepala). Tinggal merapalkannya tiap malam dengan memfokuskan diri pada satu orang. Hanya dalam hitungan hari, seperti ada sebuah jalan yang akan menyatukan dua hati.

Efek dari santet Jaran goyang bermacam-macam, 3 hari, 7 hari atau bahkan sampai 40 hari atau seumur hidup. Namun dengan catatan harus terus diperbaharui dalam waktu-waktu tertentu.
Ada beberapa cirri-ciri orang yang terkena santet Jaran Goyang, salah satunya adalah perubahan perasaan dan perilaku secara drastis. Mengekspresikan diri scara berlebihan seperti menangis, tertawa atau bahkan melamun tanpa alasan yang tidak jelas. Pandangan sedikit kosong dan sedikit tidak nyambung kalau di ajak berbicara serius (bahasa using : lengek). Jika efek Jaran goyang ringan, maka sang korban bisa merasakannya sendiri secara langsung bisa menangkalnya seorang sendiri. Konon, salah satu caranya adalah bercermin pada air sambil mencaci maki nama orang yang diperkirakan mengirim ilmu santet padanya. Namun jika efek yang di timbulkan Santet Jaran Goyang sudajh cukup kuat, sebaiknya meminta bantuan pihak ketiga yaitu dukun santet. Disinilah, ilmu putih yang dimilki oleh suku Using yang akan di fungsikan. Ada catatan penting, yaitu santet jaran Goyang akan sulit di terapkan jika antara korban dan pelaku di pisahkan oleh lautan.

Santet bisa diumpamakan sebuah pisau , terserah siapa yang menggunakan. Pisau akan berfungsi baik jika berada di tangan juru masak. Dan menjadi alat berbahaya jika digunakan oleh seorang pembunuh. Termasuk juga ilmu santet. Ada mudharat dan manfaatnya juga. Tergantung siapa yang “merapalkannya”.
Ingin mencobanya????? Silahkan tapi anda juga harus siap menerima efeknya walaupun anda adalah pelakunya. Percaya dengan hukum karma!

Tips-tips Saat Mencoba Sepatu

Tips-Tips Saat Mencoba Sepatu :

1. Jika tersedia, ukurlah kedua kaki dengan menggunakan Brannock (alat pengukur panjang kaki). Gunakan ukuran yang di dapat sebagai patokan saat akan mencoba sepatu. Jika salah satu kaki lebih besar (pada kebayakan kasus / umumnya), maka pertama kali cocokkanlah kaki yang paling besar dahulu.

2. Saat mencoba sepatu, pakailah kaus kaki yang baik dan mewakili kaus kaki yang akan kita pakai nanti di lapangan.

3. Ikatlah sepatu dan berdirilah. Sepatu sebaiknya terasa nyaman di bagian tumit dan bagian dalamnya, tapi cukup longgar agar bisa melenturkan otot kaki bagian depan. Tumit kita seharusnya diam ditempat dan tidak bergeser. Jika bagian dalam sepatu terasa seperti "mengambang" cobalah ukuran setengah dibawahnya dan jika sepatu terasa sempit atau jari kaki menyentuh bagian depan sepatu, cobalah ukuran yang lebih besar.

4. Berjalanlah dan rasakan seberapa nyaman sepatu kita. Periksalah kelonggaran, pergerakan kaki dan atau pergerakan tumit. Sepatu yang pas akan menahan kaki pada tempatnya tanpa mengikat atau menjepitnya. Tetapi ingat juga bahwa sepatu baru awalnya akan terasa sedikit kaku tapi lama kelamaan akan terasa nyaman.

5. Setelah mencoba berjalan dipermukaan datar, cobalah berjalan pada medan menurun (jika tersedia), ini berfungsi untuk melihat kelicinan kaki. Kaki kita sebaiknya tidak bergeser ke depan atau ke samping. Jika salah satu bagian terasa bergeser, cobalah sepatu yang lebih kecil. Jika jari kita menyentuh bagian depan sepatu tanpa banyak bergerak maju, cobalah ukuran lebih besar atau sepatu boot yang lain / berbeda.

6. Cobalah periksa kembali dengan seksama nomor sepatu pilihan kita sebelum memutuskan salah satunya, meskipun pasangan pertama tersebut sudah terasa nyaman.

TUGAS KU

ALGORITMA


Dalam matematika dan komputasi, algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.
download materi :

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.

download materi :

Kondisi

 kondisi : ungkapan boolen yang menghasilkan nilai benar atau salah
statemen 1, statemen 2 : pernyataan-pernyataan tunggal/majemuk. Dalam Pascal, pernyataan majemuk adalah kumpulan dari beberapa pernyataan yang diawali dengan kata baku BEGIN dan diakhiri oleh kata baku END, yang dianggap sebagai sebuah pernyataan tunggal.
Maksudnya : bila kondisi bernilai TRUE (benar) maka akan dikerjakan statemen 1 dan statemen 2 dilewati, sedangkan jika kondisi bernilai FALSE (salah) maka akan dikerjakan statemen 2 dan statemen 1 dilewati.
Untuk pernyataan IF yang berkalang (ada pernyataan IF yang lain dalam pernyataan IF), ELSE selalu berpasangan dengan dengan IF yang terletak sebelum dan yang paling dekat dengan ELSE tersebut, serta terletak dalam blok pernyataan yang sama.
download materi:

Perulangan

 Loop atau perulangan adalah suatu bentuk kegiatan mengulang suatu statement sampai batas yang diinginkan. Dalam pemograman Loop atau perulangan sangat berguna sekali. Kegunaan sederhana dalam perulangan terlukis seperti ini: Jika kita ingin menuliskan kata “saya ganteng” sebanyak seribu kali maka kita harus membuat seribu baris kata “saya ganteng” dalam kode pemrogaman kita. Tapi dengan adanya perulangan maka kita hanya cukup menuliskan 5 sampai 7 baris kode saja. Dalam praktek sebenarnya, tentu saja perulangan sangat membantu sekali. Misal untuk memuat seluruh isi table dari sebuah database dimana datanya ingin kita tampilkan.
download materi:

Mengatasi insomnia


Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. – Wikipedia Indonesia Insomnia adalah suatu kondisi di mana anda memiliki masalah saat terbangun atau terlelap. Beberapa orang dengan insomnia dapat tidur dengan mudah tetapi bangun terlalu cepat. Orang lain mungkin memiliki masalah yang berlawanan, atau mereka ada masalah baik dengan saat bangun dan tertidur pulas. Dengan kata lain, insomnia merupakan suatu gejala yang membuat seseorang tidak dapat tidur dengan pulas.

baca saja cara mengatasi insomnia di bawah ini

1. Membuat kamar tidur anda tempat yang mengundang
Pastikan kamar bebas dari kekacauan dan gangguan. Pastikan anda memiliki tempat tidur dan kasur yang tepat dengan kebutuhan anda. Kasur yang salah dapat mengakibatkan masalah musculoskeletal dan gangguan tidur.

2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur
Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Menghindari penggunaan tempat tidur untuk menonton TV, makan, bekerja, atau kegiatan lain. Jika anda adalah satu dari sekian banyak orang yang ingin menggunakan tempat tidur untuk sedikit membaca malam, hanya membaca buku yang senang di tempat tidur.

3. Memperbaiki diri sendiri untuk menghubungkan tempat tidur dengan tidur
Therapists sering menggunakan “reconditioning” sebagai bagian dari rencana untuk pengobatan insomnia. Dengan metode ini, orang yang “direvisi” untuk menghubungkan tempat tidur dengan tidur. Jika anda menemukan bahwa anda tidak dapat tidur sama sekali, keluar dari kamar dan pindah ke kamar lain, sehingga anda hanya bergabung dengan tempat tidur dan tidak tidur dengan terpaksa

4. Membuat kebiasan siklus tidur-bangun
Membuat kebiasaan siklus tidur-bangun. Tubuh anda akan belajar untuk mengatur jam internal untuk jadwal anda dan akhirnya akan menanggapi petunjuk internal menjadi ngantuk pada waktunya dan bangun pada waktu yang ditentukan. Cara yang baik untuk memulai ini adalah dengan cara bangun di waktu yang sama setiap pagi, bahkan pada akhir pekan.

5. Hindari Tidur Siang
Tidak peduli bagaimana godaannya, tidur siang dapat membuat anda sulit untuk jatuh tertidur pada malam hari bahkan dengan usaha lebih keras. Tidur “Extra” pada akhir pekan juga dapat merusak jadwal tidur anda dan memburuk insomnia.

6. Membatasi konsumsi kafein anda
Membatasi konsumsi kafein anda di sore dan malam hari. Ingat bahwa makan coklat dan minum kakao dan colas juga adalah sumber-sumber kafein.

7. Perhatikan minuman beralkohol dan berhenti merokok
Jangan minum minuman beralkohol dalam beberapa jam sebelum tidur. Dengan jumlah alkohol berlebihan setiap saat pada siang hari juga dapat mengganggu pola tidur dan mengakibatkan tidak mencukupi tidur. Merokok juga dapat memperburuk insomnia.

8. Olahraga
Sesuaikan latihan harian anda, tetapi tidak melakukan latihan yang berat tepat sebelum waktu tidur.

9. Makan makanan yang ringan di malam hari
Makan makanan yang berat di malam hari atau hanya makan sebelum tidur dapat mengganggu tidur anda.

10. Membuat periode “winding down” di malam hari

Membuat “winding down” dalam jangka waktu malam hari saja sebelum waktu tidur. Mencoba untuk membebaskan pikiran anda dari kerepotan atau yang mengganggu pikiran dan terlibat dalam santai, kegiatan menyenangkan seperti membaca, mendengarkan musik, atau menonton film yang menyenangkan.